English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
WELCOME TO MANIAK INFO PENTING . . . . .

Wednesday, July 6, 2011

Kebiasaan Yang Dapat Melemahkan Tubuh

Daya tahan setiap orang berbeda beda. Bahkan pada orang yang sama pun daya tahan tubuhnya bisa berbeda di waktu yang berbeda.
Ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi sistem kekebalan tubuh antara lain lingkungan, kelelahan, usia dan psikis.


Berikut ini ada lima kebiasaan kita yang dapat melemahkan sistem imun tubuh antara lain:
  •  Banyak mengkonsumsi makanan dengan kadar LEMAK dan GULA yang tinggi Jenis makanan diatas dapat mengurangi kemampuan sel darah putih untuk memerangi dan menghancurkan bakteri, yang masuk kedalam tubuh.
  • Mengkonsumsi larutan gula 75 - 100 grm (sekitar dua takaran minuman bersoda seberat 12 ons), dapat mengurangi kemampuan sel darah putih untuk mengalahkan dan menghancurkan bakteri.
  • KURANG OLAH RAGA. 
    Banyak diantara kita yang pekerjaannya berlama - lama ditempat duduk. Padahal tubuh yang jarang bergerak akan membuat sistem daya tahan tubuh menurun. Jarang bergerak akan membuat badan gemuk, karena jumlah kalori yang dibakar tubuh sedikit dan akhirnya akan menumpuk jadi lemak.
    Sejumlah penelitian menunjukkan, jalan kaki 30 menit/ hari bisa meningkatkan kadar leukosit didalam darah yang berfungi memerangi infeksi. Intinya tubuh yang tidak aktif dapat melemahkan sistem imunitas secara langsung.
  •  STRESS yang berlebihan. Tekanan ekonomi, pekerjaan, persaingan yang tinggi akan mengakibatkan stress. Stress dalam jangka waktu yang lama menyebabkan turunnya daya tahan tubuh. Tetapi stress dalam jangka waktu yang singkat justru dapat memperkuat sistem imunitas karena tubuh akan memproduksi kortisol dalam jumlah lebih banyak untuk melawan dan menangkal stress. Sebaliknya stress dalam jangka waktu lama akan membuat hormon adrenalin turun dan akhirnya menekan sistem imunitas.
  • MEROKOK.
    Racun racun didalam rokok berpengaruh dalam menurunkan sistem daya tahan tubuh
  • JARANG BERSOSIALISASI. 
    Aktif didalam kegiatan sosial penting bagi kesehatan fisik dan mental serta sistem imunitas. Sejumlah studi mendukung pendapat bahwa mereka yang merasa terikat dengan teman temannya - baik pada segelintir teman dekat maupun puluhan teman - membuat pertahanan tubuh lebih kuat, dibandingkan mereka yang kerap sendirian. Suatu penelitian teranyar menyimpulkan, perasaan terisolasi mengubah sistem pertahanan tubuh pada tingkat seluler.
Berikut tips menghindari Lemahnya Tubuh:

  • Makanan Cukup Begizi , makanan bergizi selalu dibutuhkan oleh tubuh , oleh karena itu , berikanlah suplai gizi yang baik untuk tubuh kamu , makanlah yang bergizi & empat sehat lima sempurna.
  • Tidur Cukup , minimal tidur 8 jam per-hari karena sekali tidur kurang dari 8 jam sangat beresiko bagi tubuh 
  • Rutinlah berolahraga , para ahli sangat menganjurkan untung rutin berolahraga , dengan olahraga kemampuan fisik kita akan menambah & menjadi lebih baik , otomatis daya tahan tubuh akan naik dengan baik pula . Minimal olahraga sampai berkeringat  tetapi jangan terlalu dipaksakan karena beresiko bagi tubuh
  • Vitamin tambahan , konsumsi setiap hari Vitamin-Vitamin yang penting bagi tubuh , tetapi jangan terlalu berlebihan dalam mengonsumsi Vitamin.




0 comments:

Post a Comment